HashFlare

11 Cara Mempercepat Smartphone Android

Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk membuat smartphone kita menjadi lebih cepat. Kali ini saya akan membagikan 11 cara mempercepat smartphone.

  1. Mengupdate Aplikasi dan Sistem. Selalu cek pembaruan aplikasi dan sistem adalah hal wajib yang harus anda lakukan, karena dengan pengupdate-an tersebut pihak developer pasti telah menambah / meningkatkan fitur yang ada. Untuk mengupdate sistem android, bisa dilakukan dengan memeriksanya di setting > about device > software update. Untuk aplikasi android, bisa dilakukan di playstore dengan memilih menu > my apps / aplikasi saya.
  2. Menghapus Aplikasi dan File yang Tidak Terpakai. Banyaknya aplikasi dan file di smartphone memang sangat mempengaruhi kecepatan operasi sistem. Karena dengan banyaknya file dan aplikasi tersebut tentu memperberat kinerja CPU sehingga smartphone tidak akan bekerja dengan baik.  Baca juga Cara menghapus aplikasi dan aplikasi bawaan android
  3. Menghapus Cache. Cache berfungsi sebagai mempercepat loading beberapa aplikasi, namun dapat mengkonsumsi ruang di memori internal, dengan membersihkan Cache ini maka loading android yang lemot dapat dipercepat. Untuk menghapus cache pergil ke Settings > Application > geser ke All, disini anda akan menemukan semua aplikasi, baik itu yang anda install maupun aplikasi bawaan sistem, pilih aplikasi yg anda inginkan lalu pilih clear cache / hapus memori.
  4. Menonaktifkan atau Kurangi Efek Animasi. Anda dapat mempercepat android yang lemot dengan cara mematikan efek animasi. Cara ini dibutuhkan sedikit tenaga ekstra dan anda harus mengaktifkan Developer Options untuk melakukannya. Pergilah ke Settings > Systems > About Phone > Build Number, jika anda sudah menemukannya maka ketuklah hingga 7 kali hingga muncul pesan bahwa anda sudah menjadi seorang developer. Jika sudah, kembali ke Settings dan lihatlah pada bagian Systems, disana anda akan melihat Developer Options / Opsi Pengembang. Masuk kedalamnya dan pergi menuju Window animation scale, Transition animation scale, dan Animator animation scale, silahkan anda atur dengan selera anda. Jika anda tidak mengerti atau tidak ingin mengganti apapun, silahkan ketuk tombol back.
  5. Menonaktifkan atau Kurangi Auto Sinkron. Sinkronisasi memang sangat membantu kita dalam mendapatkan pemberitahuan dari beberapa aplikasi seperti BBM, Facebook, Email, dan aplikasi lainnya. Namun, sinkron pun dapat memerlambat kinerja smartphone. Menonaktifkan atau menguranginya mungkin bisa menjadi jawaban anda untuk menambah performa smartphone. Pergilah ke Settings lalu geser kebawah hingga anda menemukan tab Account. Disana anda akan melihat daftar aplikasi yang membutuhkan sinkron. Pilihlah atau nonsktifkan semuanya.
  6. Bersihkan Cache Partisi. Cache partisi sangat berbeda dengan cache aplikasi, begitupun juga tempat penyimpanannya. Cache partisi ini berisikan temporary files dan membersihkannya sesekali sangat dianjurkan. Untuk melakukannya, Anda harus masuk kedalam mode Recovery agar cahce partisi dapat dibersihkan. Karena setiap merk smartphone memiliki cara yang berbeda untuk masuk kedalam mode Recovery cobalah mencarinya berdasarkan merk smartphone anda di Google. Baca Juga : Cara menghapus cache partition pada android
  7. Lakukan Factory Reset. Jika beberapa cara mempercepat android diatas masih belum mampu melepaskan rasa jenuh anda dengan smartphone yang lemot maka anda bisa melakukan Factory Reset. Tapi ingat jika anda ingin melakukan hal ini pastikan anda melakukan back up karena factory reset akan mengembalikan isi smartphone anda seperti ketika anda memebelinya pertama kali termasuk update yang anda lakukan untuk semua sistem. Untuk melakukannya pergilah ke Settings > Back Up & Reset > Factory Data Reset.
  8. Root dan OverClock. Tidak disangkal lagi kalau dengan mengroot smartphone dapat meningkatkan kecepatan smartphone tersebut. Sementara itu, Overclock adalah membuat smartphone lebih cepat dari kecepatan standard. Aplikasi yang dapat mengatur kecepatan CPU salah satunya adalah setCPU, download disini
  9. Instal Custom Kernel. Dengan mengganti kernel pada smartphone kecepatan CPU juga dapat bertambah. Selain itu, kita juga dapat memasukkan tweak-tweak jika kernel yg anda pasang support.
  10. Instal Custom ROM. Cara mempercepat android yang lemot setelah melakukan rooting adalah menginstal custom ROM. Cara ini akan sangat berguna bagi anda yang memiliki smartphone yang sudah lama tidak mendapatkan pembaruan sistem atau OS. Dengan memasang custom ROM, android lama anda bisa diperbarui dengan android versi terbaru.
  11. Pasang Tweak Init.d. Dengan memasang tweak-tweak pada folder init.d pada smartphone, smartphone anda dapat dibuat lebih cepat, lebih halus, tampilan graphic meningkat, kualitas suara dan video berubah, dll.
Itulah kesebelas cara meningkatkan performa smartphone android, selebihnya bisa ditanyakan di komentar. Bila Anda merasa terbantu klik like atau berikan +1 pada blog ini
Thanks for visit
Thanks to Allah
Previous
Next Post »

Berkomentarlah dengan baik, dan sopan. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment